Lonjakan Penumpang Speed Boat Capai 80%

  • Oleh Ramadani
  • 13 Juni 2018 - 16:32 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh– Dua hari menjelang Idul Fitri 1439 Hijriah, lonjakan penumpang kapal, kelotok, atau speed boat di Pelabuhan Kapal Muara Teweh mengalami peningkatan yang signifikan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Utara Iwan Fikri didampingi Kepala UPTD Dermaga Muara Teweh Muhammad Nurdin, mengatakan biasanya jumlah penumpang kapal pada hari bisa hanya berkisar 20 orang.

Namun, dalam beberapa hari ini, penumpang kapal terus  mengalami peningkatan hingga mencapai ratusan orang. “Lonjakan peningkatan penumpang di Pelabuhan Muara Teweh mencapai 80% dari hari biasanya,” ujar Iwan Fikri, Rabu (13/6/2018).

Dikatakannya, bahwa Dishub terus meminta motoris atau pemilik kapal tidak mengangkut penumpang atau barang secara berlebihan karena sangat berbahaya.

“Kelebihan muatan dapat membuat kapal tenggelam. Itu yang perlu diperhatikan oleh pemilik atau motoris sehingga nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Selain itu, pemilik kapal diharapkan dapat menyiapkan pelampung untuk keseluruhan penumpang. Sehingga bila terjadi kecelakaan saat berlayar dapat meminimalisasi adanya  korban jiwa. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru