Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bansos Kerap Tidak Tepat Sasaran, Ketua Komisi C Minta Data Divalidasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Juni 2018 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Selama ini bantuan dalam bentuk apapun bagi warga miskin kerap kali tidak tepat sasaran. Hal ini diungkapkan Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah.

Menurutnya, ini terjadi karena data yang digunakan tidak lagi valid sehingga pendataan ulang ataupun pemutakhiran data wajib dilakukan.

"Kami minta pemerintah melalui instansi terkait dapat memiliki data yang akurat sehingga bantuan ini benar-benar tepat sasaran, sebab sesuai dengan UU No 13 Tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin, maka pihak Kementerian Sosial bersama pemerintah telah dimandatkan untuk melakukan verifikasi dan validasi data tiap dua tahun," kata Mukarramah, Selasa (19/6/2018).

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) kota Palangka Raya, Ahmad Fauliansyah menilai program pemerintah pusat salah satunya berupa e-warung lebih tepat untuk membantu memenuhi kebutuhan warga yang tidak mampu.

"Bukan berarti program bantuan sosial bagi keluarga penerima manfaat (KPM) lainnya, seperti beras sejahtera (Rastra) dan program kesejahteraan lainnya dinilai tidak dirasakan manfaatnya. Semua program bansos intinya tetap bermanfaat," kata Ahmad.

Namun, lanjutnya, jika dinilai dari implementasinya e-warung lebih terasa manfaatnya, karena KPM dapat langsung memilah peruntukkannya sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru