Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bansos untuk Penuhi Kebutuhan Sehari-Hari, Jangan Disalahgunakan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Juni 2018 - 17:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dana bantuan sosial (bansos) menurut Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kurang mampu sehari-hari. Maka pihaknya berharap bansos itu tidak disalahgunakan untuk keperluan lainnya.

"Dengan besaran yang ditetapkan oleh pemerintah melalui E-Warong, kami berharap warga penerima bansos dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan layak," kata Mukarramah, Selasa (19/6/2018).

Politisi Nasdem ini mengatakan bahwa jika sebelumnya beras sejahtera (rastra) misalnya disalurkan setiap empat bulan sekali untuk masyarakat penerima, bisa saja dalam kondisi tertentu beras itu rusak saat disimpan.

"Karena kan diserahkannya tidak setiap bulan melainkan sekaligus. Bisa saja misalnya beras itu kena hujan lalu berjamur dan tidak bisa dimakan lagi. Kalau dengan program E-Warong ini kan masyarakat bisa membelanjakan bantuan secara bertahap. Ketika butuh beras baru dibelanjakan, tidak harus ditumpuk sendiri di rumah," bebernya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) kota Palangka Raya, Ahmad Fauliansyah menilai program pemerintah pusat salah satunya berupa E-Warong lebih tepat untuk membantu memenuhi kebutuhan warga yang tidak mampu.

"Bukan berarti program bantuan sosial bagi keluarga penerima manfaat (KPM) lainnya, seperti beras sejahtera (Rastra) dan program kesejahteraan lainnya dinilai tidak dirasakan manfaatnya. Semua program bansos intinya tetap bermanfaat," kata Ahmad.

Namun, lanjutnya, jika dinilai dari implementasinya E-Warong lebih terasa manfaatnya, karena KPM dapat langsung memilah peruntukkannya sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru