Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Serang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produk IKM Diharapkan Berkualitas

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Juni 2018 - 21:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Koperasi dan Industri Kecil Menengah Kota Palangka Raya, Afendie mengatakan peluang kerjasama pelaku IKM dengan toko modern sudah terbuka luas. Hanya saja untuk masuk ke sana, produk IKM haruslah berkualitas.

"Gerai-gerai telah disediakan pada toko retail, tapi belum banyak produk IKM yang berhasil masuk. Kendala kita ada pada kualitas," kata Afendie, Selasa (19/6/2018).

Afendie menambahkan, adanya kemitraan ini telah disambut baik pihak retail modern. Hanya saja diharapkan produk yang dihasilkan pelaku usaha mikro kecil menengah harus berkualitas.

"Kualitas di sini artinya mulai dari kemasan harus bagus, rapi, cantik. Misalkan untuk produk makanan dan minuman, maka yang menjadi pertimbangan kelayakan adalah rasa, desain atau kemasan yang harus dianggap mampu bersaing," jelas Afendie.

Menurutnya sudah tidak zamannya lagi makanan produk IKM yang dikemas hanya dengan plastik transparan yang direkatkan menggunakan api lilin. Walaupun produk makanan itu memang enak, namun tampilan tidak dapat bersaing.

"Toko-toko retail ini pada prinsi[nya menerima kolaborasi dan bersinergitas. Nah, tinggal bagaimana pelaku usaha mikro kecil menengah untuk dapat menghasilkan produk yang berkualitas," pungkasnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru