Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Diminta Aktif Pantau Harga Sembako

  • Oleh Heriyadi
  • 20 Juni 2018 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Anggota DPRD Lamandau Budi Rahmat meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat segera memantau harga pasar sekaligus mengawasi kenaikan sejumlah bahan pokok yang terjadi sejak beberapa hari terakhir.

"Kami lihat ada beberapa sembako yang naik, untuk itu Disperindagkop bisa memantau ini. Kalau memang harganya terus naik berarti ada yang salah dan itu perlu ditelusuri," ujar anggota DPRD Kabupaten Lamandau Budi Rahmat, Selasa (19/6/2018).

Menurut Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), jika pada realisasi saat ini harga sembako di Bumi Bahaum Bakuba mengalami perubahan atau malah mengalami kenaikan, Pemkab Lamandau perlu  mencari tahu penyebabnya.

Pergerakan para pedagang harus terus diawasi. Apalagi kondisi masyarakat setelah lebaran saat ini pasti berdampak dratis pada perekonomian.

Dia menambahkan, kenaikan harga cabai dan ayam potong ini akan diikuti oleh kenaikan harga sembako lainnya. Apalagi, proses pengiriman sembako dari daerah penghasilan ke Lamandau dinilai sangat jauh.

Untuk itu instansi terkait agar memantau pergerakan harga sembako dengan melakukan sidak atau operasi pasar.

"Kalau ada pedagang yang sengaja menjual harga di atas harga tertinggi yang telah ditetapkan, bisa langsung dilakukan penindakan. Jadi tidak boleh seenaknya menaikan harga. Dan untuk memastikan dinas terkait tersebut harus turun langsung ke lapangan," harap Budi. (PP/HERIYADI/B-2)

Berita Terbaru