Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemarau, Sejumlah Desa Mulai Kesulitan Air

  • Oleh Trisno
  • 20 Juni 2018 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Kemarau yang terjadi pada Juni tahun ini berlangsung cukup panjang. Akibatnya, sejumlah desa di Kabupaten Murung Raya (Mura) mulai kesulitan mendapatkan air.

Tidak hanya sejumlah desa yang berada di pesisir anak Sungai Barito saja yang mulai kesulitan mendapatkan air. Beberapa desa yang terletak di pegunungan juga mulai kesulitan air.

Seperti desa di wilayah Kecamatan Tanah Siang yang selama ini mendapatkan pasokan air dari bendungan yang dibuat dan disalurkan ke rumah-rumah menggunakan sistem gravitasi. Namun, kini tidak lagi bisa berfungsi dengan lancar.

Hal itu karena sungai yang menjadi sumber pasokan air ke bendungan mulai mengering sehingga air tidak lagi bisa dialirkan ke rumah-rumah. Termasuk juga karena minimnya pasokan air ke bendungan, daya gravitasi tidak lagi bisa mampu mencapai rumah-rumah penduduk.

Kondisi itu membuat warga terpaksa mengangkut air dari beberapa titik mata air yang lokasinya cukup jauh dari permukiman untuk memenuhi kebutuhan memasak dan MCK.

"Karena kebanyakan masyarakat mengandalkan air dari sumur, ketika musim kemarau air sumur kring dan wargapun terpaksa mengangkut air dari mata air terdekat dan menunggu kemarau berakhir," jelas Kepala Desa Konut, Andre, Selasa (19/6/2018). (PP/TRISNO/B-2)

Berita Terbaru