Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

CBI Group akan Berikan Modal kepada Peternak Plasma Sapi

  • Oleh Masrohan
  • 20 Juni 2018 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Citra Borneo Indah (CBI) Grup melalui anak perusahaannya, PT Sulung Ranch, sedang merintis program plasma sapi (PPS). Dalam program itu, perusahaan akan memberikan modal kepada kelompok ternak.

Manager PT Sulung Ranch Petrus Ndoa mengatakan, modal yang diberikan perusahaan kepada kelompok ternak antara lain indukan sapi produktif yang berumur minimal 18  bulan dan tidak cacat. 

Modal indukan sapi tersebut, menurut Pieter, adalah sapi yang produktif dan sudah siap bunting. "Itu akan dinilai berdasarkan bobot timbangan dengan harga Rp50 ribu per kilogram," terang pria yang akrab disapa Pieter itu, Rabu (20/6/2018). 

Namun menurutnya, sebelum program tersebut berjalan, harus ada kesepakatan antara perusahaan dan kelompok ternak sapi yang tertuang dalam sebuah perjanjian tentang pengembangan budidaya ternak sapi. 

"Tentunya dalam perjanjian kerjasama budidaya tersebut, peternak bisa mendapatkan keuntungan, bagi perusahaan juga mendapatkan kepastian tanggung jawab," tandas Pieter. 

Untuk itu, ia berharap sosialisasi kepada kelompok ternak yang akan dilaksanakan kembali seusai perayaan Hari Raya Idul Fitri ini berjalan lancar. 

Harapannya, dengan program plasma ini, populasi sapi di wilayah Kotawaringin Barat (Kobar) semakin bertambah, dan akhirnya Kobar bisa menjadi kabupaten yang swasembada daging sapi. (MASROHAN/B-2)

Berita Terbaru