H+5 Lebaran, 1.000 Penumpang Sudah Tiba di Pelabuhan Sampit 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Juni 2018 - 22:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pada H+5 lebaran, arus balik di Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai terasa. Tepatnya pada Rabu (20/6/2018) hari ini, 1.000 penumpang sudah tiba di Pelabuhan Sampit. 

Ribuan penumpang tersebut tiba di Pelabuhan Sampit menggunakan tiga kapal, yakni KM Kelimutu dan KM Lawit dari PT Pelni, serta Kirana III dari PT Dharma Lautan Utama (DLU). Asalnya dari Semarang dan Surabaya.

"Kalau arus balik memang sudah mulai terjadi, namun masih normal. Baru 1.000 penumpang yang turun hingga saat ini," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit, Toto Sukarno.

Dia mengatakan untuk arus balik tahun ini masih belum terlalu mengalami peningkatan. Karena masih banyak pemudik yang berlibur di kampung halamannya. Apalagi saat ini baru lima hari setelah lebaran. 

"Untuk tahun ini, arus balik kemungkinan bisa lebih menurun, karena arus mudik juga ada penurunan," kata Toto. 

Namun hal itu hanya prediksi sementara, karena bisa saja pada arus balik jumlah penumpang mengalami peningkatan. Apalagi biasanya pemudik membawa keluarganya dari Jawa untuk mengadu nasib di Kotim.

Walaupun belum mengalami peningkatan yang signifikan, KSOP bersama kepolisian, TNI, dan teknis terkait tetap melakukan pengamanan di sekitar Pelabuhan Sampit saat arus balik. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru