Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Tidung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Harus Tingkatkan PAD Agar Pembiayaan Pembangunan Stabil

  • Oleh Naco
  • 22 Juni 2018 - 18:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur didorong untuk terus meningkatkan sumber pendapatan asli daerah (PAD).

Apalagi menurut Wakil Ketua DPRD Kotim, Parimus, apa yang digambarkan di tahun anggaran 2017 itu sudah sesuai dengan RPJMD. PAD Kotim dikisaran Rp212 miliar.

Dari gambaran umum APBD Kotim tahun 2018 menurutnya sudah disampaikan. Namun asumsi yang tergambarkan cenderung menurun dari tahun 2017. 

Sebab ada wacana pemotongan anggaran berasal dari pemerintah pusat baik itu dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU)

"Dari itu kami terus mendorong agar sektor PAD kotim jadi  salah satu opsi agar sumber pembiayaan pembangunan tetap stabil," kata Parimus, Jumat (22/6/2018)

Bahkan menurut dia alangkah baik lebih melampaui  target sebab kondisi keuangan dari pusat itu bisa saja menurun dari tahun nantinya.

Sehingga dengan demikian sumber PAD bisa digali maksimal baik itu dari pajak kendaraan hingga pada retribusi.  Namun pendongkrakan PAD jangan sampai menyiksa masyrakat kecil menengah ke bawah.

"Bagaimana peningkatan PAD ini tidak membuat teriak masyarakat kecil itu yang kita harapkan," pungkas politisi Partai Demokrat ini.

Parimus mendukung komitmen Pemkab Kotim untuk meningkatkan PAD. Namum harus melihat benar-benar sumber yang akan digali agar tidak berpolemik. (NACO/B-6)

Berita Terbaru