Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT Sulung Ranch Siap Distribusikan Bibit Rumput untuk Plasma Sapi

  • Oleh Masrohan
  • 23 Juni 2018 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam waktu dekat akan berlangsung pengiriman bibit rumput oleh PT Sulung Ranch. Ini demi mewujudkan kerjasama antara Citra Borneo Indah Group dengan kelompok peternak sapi  di Kotawaringin Barat.

Manager Plasma PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) Soleh menjelaskan, ada  tiga kelompok dari dua desa yakni dua kelomok dari Desa Makarti, Kecamatan  Arut Selatan, dan satu kelompok dari Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar yang siap  menerima bibit rumput. Bibit rumput ini sebagai persiapan persediaan makan ternak sapi melalui sistem plasma.

“Tiga kelompok calon plasma itu sudah sepakat dengan konsep yang disosialisasikan oleh PT Sulung Ranch, sehingga sambil menunggu persetujuan dari manajemen SSMS  akan dilakukan persiapan terutama kandang dan persediaan tanaman rumput,” kata Soleh, di Pangkalan Bun, Sabtu (22/6/2018).

Selain itu, kata dia, PT Sulung Ranch yang bergerak di bidang budidaya sapi akan melakukan verifikasi kembali tentang validitas data kelompok dan lokasi kandang.

“Surat keputusan tentang pembentukan kelompok dikeluarkan oleh kepala desa maka akan dilakukan verifikasi untuk proses administrasi,” kata Soleh.

Dengan adanya pengiriman bibit rumput, menurut dia, bukan berarti proses pengiriman sapi menungggu sampai rumput bisa digunakan untuk makan ternak. Sambil menunggu pertumbuhan rumput, peternak bisa mencari rumput di sekitar wilayah tempat tinggalmya.

Bibit rumput yang akan dikirim  berupa stek rumput sejenis rumput gajah. Tiap kelompoik akan menerima sedikitnya 2000 batang. Jenis tanaman rumput ini sama dengan yang dikembangkan oleh PT Sulung Ranch untuk memenuhi kebutuhan ternak  di Desa Sulung, Kecamatan Arut Selatan.

Menurut Petrus Ndoa Manager PT Sulung  Ranch, pihaknya mengirim bibit rumput tersebut dengan  maksud  sebelum sapi diserahkan kepada kelompok peternak sudah ada kepastian makanan. Walaupun sementara  sambil menunggu pertumbuhan rumput bisa memanfaatkan rumput di sekitarnya. (MASROHAN/m)

Berita Terbaru