Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tumbang Samba Dikepung Bangunan Walet

  • Oleh Abdul Gofur
  • 24 Juni 2018 - 19:30 WIB


BORNEONEWS, Kasongan - Tumbang Samba ibu kota Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan kini dikepung oleh bangunan gedung sarang burung walet.

Sejauh mata memandang, wilayah Tumbang Samba yang dibelah oleh Sungai Katingan ini tampak banyak bangunan gedung sarang burung walet dengan rata-rata setinggi lebih 10 meter dari permukaan tanah.

Banyaknya bangunan gedung walet di Tumbang Samba ini dipengaruhi harga sarang burungg walet sejauh ini yang terus tergolong tinggi.

Menurut warga Tumbang Samba, hampir setiap hari di Tumbang Samba ada saja warga yang mendirikan bangunan sarang walet ini.

"Bangunan gedung sarang burung walet di Tumbang Samba sudah semakin rapat, dan jumlahnya mungkin sudah hampir mencapai ratusan sekarang," tutur Supri warga Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah, Minggu (24/6/2018).

Menurutnya, selain di sepanjang Sungai Katingan wilayah Tumbang Samba, bangunan gedung walet ini juga banyak dijumpai di permukiman warga yang jauh dari bantaran Sungai Katingan.

Supri mengaku perkembangan pembangunan rumah burung walet di daerahnya cukup pesat sejak dua tahun terakhir.

"Mungkin tergiur dengan harga sarang burung walet yang tinggi, dan punya gedung walet tidak ribet seperti memelihara ayam atau lainnya, hanya butuh waktu saja maka pemilik gedung akan mendapatkan hasil yang memuaskan," akunya.

Supri sendiri mengaku tergiur untuk bisa membangun gedung walet itu, namun apa daya ia mengaku tidak mempunyai modal cukup untuk membangun gedung walet itu. (ABDUL GOFUR/B-5) 

Berita Terbaru