Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Rawan Api Harus Dibantu Unit Damkar

  • Oleh Naco
  • 24 Juni 2018 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kotawaringin Timur, Rimbun menegaskan dalam menghadapi kemarau berkepanjangan di tahun berikutnya, Pemkab Kotim bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) harus mengupayakan pengadaaann unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) di setiap Kecamatan yang kerap kali menjadi langganan titik api di Kotim. 

Menurut Rimbun pengadaannya bisa diusulkan melalui pemerintah pusat. Karena sebagaiamana target dari pemerintah pusat untuk menyelesaikan persoalan asap ini hingga tahun 2018 agar tidak terulang lagi harus ada upaya nyata.

Ketua Komisi III DPRD Kotim ini yakin kalau itu dilakukan maka akan sangat membantu tinggal  bagaimana kepiawan pemkab mengajukan ke pusat karena itu harus dilakukan dan bisa dialokasikan melalui dana alokasi khusus (DAK).

"Haru ada unit damkar di kecamatan yang jadi langganan titik api jika pemerintah ingin daerah ini bebas dari bencana asap," tegasnya, Minggu (24/6/2018).

Ketua DPC PDI Perjuangan Kotim ini  menyebutkan kejadian luar biasa di tahun lali akan dampak kabut asap  setidaknya bisa membuka mata pemerintah pusat, bahwa dampak asap itu sangat berdampak secara luas tidak hanya daerah maupun negara ini sana namum ke negara lain juga.

"Dengan kondisi lalu kita yakin pusat akan menyetujuinya, maka dari itu harus segera diusulkan," tukasnya.

Mobil damkar itu, nantinya stanby di tiap kecamatan. Sehingga jika ada kebakaran sewaktu-waktu, maka antisipasinya bisa lebih cepat, karena damkar dan petugasnya sudah berkantor di posko penanggulangan bencana di tiap kecamatan tersebut.

"Setidaknya pengadaan itu jika belum mampu ada ditiap kecamatan ada di kecamatan yang sering jadi langganan titik api, selain untuk antisipasi musim kemarau juga bisa dimanfaatkan jika sewaktu-waktu kebakaran di pemukiman warga," tandasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru