Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Analis: Produksi Sawit Sumbermas Sarana akan Meningkat 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 26 Juni 2018 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Analis Binaartha Parama Sekuritas, Muhammad Nafan Aji, menyatakan tahun ini produksi pangan termasuk CPO dan produk sawit turunannya terbilang meningkat berkat kondisi iklim dan cuaca yang relatif stabil dan kondusif.

"Pastinya, emiten seperti SSMS (PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk) akan memaksimalkan momentum tersebut dalam rangka meningkatkan dan mengoptimalkan produksi mereka," kata Nafan dalam risetnya awal pekan ini.

Nafan menilai, SSMS juga meningkatkan intensifikasi dan ekstensifikasi produksi CPO dan produk sawit turunan. Selain itu, ada tambahan luas lahan yang tertanam dengan target 150.000 ha pada tahun ini.

"Hal tersebut di atas mampu menopang pertumbuhan kinerja emiten ini ke depannya," papar dia.

Nafan memproyeksikan pendapatan SSMS akhir tahun ini akan naik 10%.

"Proyeksi ekspor CPO secara umum juga berpeluang naik," ujar Nafan.

Sebelumnya, Sawit Sumbermas Sarana mengumumkan rencana ekspansi besar-besaran pada tahun ini demi mengulang kesuksesan bisnis perseroan tahun lalu.

"Pada Tahun lalu, perusahaan mencatatkan laba Rp790,9 miliar atau melonjak 34% dibanding dengan laba 2016. Kami optimistis permintaan kelapa sawit di pasar global akan terus meningkat dari tahun ke tahun," kata Chief Financial Officer Sawit Sumbermas, Nicholas Justin Whittle, beberapa waktu lalu.

Untuk memanfaatkan potensi kenaikan permintaan, menurut Whittle, pihaknya akan terus memperbesar produksi CPO menjadi sekitar 394.517 ton, tumbuh 15% dari tahun lalu yang sekitar 343.059 ton.

"Tahun ini, Sawit Sumbermas akan menambah lahan kebun inti seluas 4.000 ha dan lahan kebun plasma sekitar 2.000 ha. Akhir 2017, luas area kebun inti Sawit Sumbermas yang sudah tertanam sekitar 71.076 ha," papar dia. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru