Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purbalingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Untuk Kelancaran Pilkada, DAD Kapuas Adakan Mamapas Lewu

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 27 Juni 2018 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Untuk kelancaran pilkada, Dewan Adat Dayak (DAD) Kapuas mengadakan ritual Mamapas Lewu. Ritual itu diadakan sehari sebelum pemungutan suara atau pada Selasa (26/6/2018).

Ritual digelar di kediaman Ketua DAD Kapuas Talinting E Toepak. Turut serta dalam ritual itu, Ketua GERDAYAK Kapuas, ketua tim relawan paslon nomor urut 1, tim sukses paslon nomor urut 2, tokoh ritual, perwakilan mantir adat dan perwakilan tokoh masyarakat.

"Ritual Mamapas Lewu ini bertujuan untuk membersihkan alam dan lingkungan hidup (Petak Danum) beserta segala isinya dari berbagai sengketa dan marabahaya. Upacara mamapas lewu ditujukan untuk kepentingan umum dan tidak diselenggarakan secara perorangan, melainkan seluruh warga yang tinggal di sebuah kampung ataupun kota tertentu," kata Ketua DAD Kabupaten Kapuas Talinting E Toepak, Selasa (26/6/2018).

Melalui ritual ini, berbagai doa dan harapan agar Dalam pemilihan Kepala Daerah yang akan berlangsung pada hari ini (27/6/2018) berlangsung dengan damai, aman dan lancar sampai proses penghitungan suara hingga penetapan akhir.

Adapun Rute yang dilalui oleh rombongan ritual Mamapas Lewu yaitu Jalan Jepang, Jalan Tambun bungai, Jalan Seroja, Jalan Mahakam, Jalan Tjilik Riwut. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru