Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Kotabaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Pelabuhan di Kotim Menjanjikan, Namun Belum Maksimal Digarap Pemkab

  • Oleh Naco
  • 30 Juni 2018 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sektor pelabuhan di Kabupaten Kotawaringin Timur selama ini belum digarap maksimal oleh pemerintah daerah. Padahal jika serius dikembangkan, akan menghasilan pendapatan yang sangat besar.

Anggota Komisi IV DPRD Kotim Hary Rahmad Panca Setia, mengatakan, sejauh ini Kabupaten Kotim sebagai pintu gerbang perekonomian di Kalteng. Sektor pelabuhan merupakan salah satu pendongkraknya selama ini.

"Namun sayang kami melihat itu masih minim sekali didapat penghasilan melalui pelabuhan ini," kata Hary, Sabtu (30/6/2018).

Dia mengatakan hal tersebut, berkaitan dengan rencana pemkab yang tidak melanjutkan kontrak kerjasama dengan Pelindo. Dan, harus ada solusi lain untuk dilakukan. 

Dia menambahkan, langkah tepat jika pemkab bisa mengelola sendiri sektor pelabuhan dengan mengembangkan BUMD. Sehingga mampu mendongkrak PAD Kotim. Apalagi payung hukum untuk itu sudah ada.

Hary menyebut tidak ada kata terlambat untuk mengembangkan itu. Karena sampai kapanpun aktivitas pelabuhan di Kotim akan terus berkembang. 

Apalagi sektor perkebunan di Kotim sangat besar. Melalui jasa aktivitas bongkar muat CPO itu saja sudah jadi peluang besar. Belum mengarah ke lain seperti jasa angkutan barang, penumpang, pertambangan dan lainnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru