Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Teralis Ruang Rawat Inap Gangguan Jiwa Sering Dijebol Pasien

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 01 Juli 2018 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sudah setahun lebih sejak April 2017 lalu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Murjani Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengoperasikan ruang rawat inap kesehatan jiwa. Selama itu juga sudah beberapa kali teralis bangunan rusak dijebol pasien gangguan jiwa.

"Sudah sering teralis rusak dijebol oleh pasien. Terutama pada saat yang bersangkutan mengamuk ketika baru sehari atau dua hari masuk ruang gangguan jiwa," ujar Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Dr Murjani Sampit Yudha Herlambang, Minggu (1/7/2018).

Tidak hanya menjebol teralis, pasien juga berusaha kabur sehingga petugas harus kejar-kejaran dengan pasien. Beruntung mereka berhasil menangkap dan tidak pernah ada yang berhasil melarikan diri.

Dirinya menerangkan, selama ini memang sering pasien gangguan jiwa mengamuk pada saat baru masuk ruangan perawatan. Namun setelah dua hingga tiga hari, mereka sudah mendapatkan ketenangan, dengan sejumlah terapi dan juga pengobatan yang diberikan oleh dokter.

"Biasanya awalnya saja ngamuk, namun setelah itu mereka sudah mulai tenang dan hingga bisa kembali ke keluarganya," kata Yudha.

Ruang perawatan gangguan jiwa dapat menampung sebanyak 16 orang pasien. Namun selama ini paling banyak dihuni 10 orang hingga 12 orang.

Kebanyakan para pasien akan menunjukkan hasil positif setelah dirawat sepekan hingga dua pekan. "Bahkan banyak juga yang sudah membaik sehingga bisa dibawa pulang oleh keluarganya untuk dirawat di rumah," terang Yudha.

Setelah mereka boleh pulang, keluarga harus memperhatikan dan memperlakukan pasien dengan kasih sayang agar proses penyembuhan lebih cepat. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru