Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Kapuas Gencarkan Program Ketuk Pintu Sehat

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 04 Juli 2018 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan Kapuas gencarkan program ketuk pintu sehat. Pada program ini petugas dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas langsung mendatangi warga untuk melakukan cek kesehatan.

"Program ini baru dilaksanakan 2017. Pelaksanaannya pun langsung dipimpin oleh kepala dinas kesehatan yang langsung ke desa-desa untuk melakukan pengecekan kesehatan. Kita sudah melakukan kegiatan ini di Kecamatan Tamban Catur, Kecamatan Anjir, dan Kecamatan Mentangai," kata Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Freddy Jaya Handriono, Rabu (4/7/2018).

Ia menjelaskan, kasus yang ditemukan di Kecamatan Mentangai di antaranya orang yang menderita lumpuh layu. Penyakit itu kemungkinan karena saat dia masih bayi pemberian imunisasinya tidak lengkap.

"Dengan melakukan pengecekan setiap pintu di masyarakat, kita bisa mengetahui penyakit yang dialami, berbeda kalau kita tunggui di puskesmas penyakit itu tidak terungkap," ucapnya.

Dahulu puskesmas lebih sering menunggu pasien, namun sekarang kepala dinas kesehatan meminta petugas puskesmas tidak hanya menunggu pasien saja. Akan tetapi harus terjun langsung ke lapangan. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru