Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indramayu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KUD Tani Subur Mampu Ubah Masalah Jadi Berkah

  • Oleh Masrohan
  • 06 Juli 2018 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Koperasi Unit Desa (KUD) Tani Subur Desa  Pangkalan Tiga Kecamatan Pangkalan Lada Kabupaten Kotawaringin Barat  (Kobar) berhasil mengubah masalah menjadi berkah.

KUD Tani Subur mengubah lokasi rawa di tengah perkebunan sawit yang awalnya dianggap sebagai sebuah masalah menjadi sesuatu yang bernilai dan merupakan berkah. Lokasi tersebut saat ini telah menjadi tempat wisata yang bermanfaat bagi masyarakat. Namanya Agrowisata Education.

Untuk mengubah rawa menjadi tempat wisata yang sekarang menjadi rujukan masyarakat di sekitar Kecamatan Pangkalan Lada tersebut, KUD Tani Subur yang di ketuai oleh Setiyana menginvestasikan dana Rp4,5 miliar.

Lokasi wisata yang  terletak di tengah perkebunan sawit tersebut telah diresmikan Bupati Kabupaten Kobar Nurhidayah pada Desember 2017 lalu. Sejak diresmikan hingga saat ini, menurut Setiyana, sudah bisa menarik 72 ribu pengunjung.

“Pada saat liburan lebaran kami kami sudah bisa mendapatkan pemasukan sekitar Rp500 juta," jelasnya, Jumat (6/7/2018).

Sutiyana berpendapat, dalam memimpin KUD lebih menonjolkan bagaimana bisa bermanfaat pada masyarakat, bukan hanya sekadar berpikir tentang Sisa Hasil Usaha (SHU)-nya saja.

"Kalau hanya akan berpikir SHU saja koperasinya hanya akan menjalankan usaha simpan pinjam saja diyakini akan mendapatkan keuntungan yang besar."

Saat ini aset KUD Tani Subur yang sering menjadi rujukan dari berbagai daerah tersebut memiliki aset puluhan miliar rupiah.

Selain memiliki lokasi Agrowisata, salah satu kegiatan unitnya berupa integrasi sawit–sapi yang telah mencapai Rp4 miliar.

KUD Tani Subur yang beranggotakan 1.300 orang dan memiliki 200 karyawan tesebut juga memiliki toko serba ada (Toserba) yang asetnya  mencapai Rp1,2 miliar. (MASROHAN/B-2)

Berita Terbaru