Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sidoarjo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peran Wartawan Dahsyat dalam Penyampaian Bahasa

  • Oleh Budi Yulianto
  • 07 Juli 2018 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penyuluhan bahasa Indonesia bagi pengelola media massa yang berlangsung selama tiga hari di Hotel Fovere, Jalan G Obos, Palangka Raya, berakhir, Sabtu (7/7/2018). 

Kepala Balai Bahasa Provinsi Maluku, Asrif menjadi pemateri di hari terakhir. Ia mengupas tentang bahasa Indonesia dalam pers Indonesia. 

Asrif menyebut, peran wartawan lebih dahsyat dari pada balai bahasa. Sebab, setiap hari wartawan berhadapan dengan masyarakat untuk kepentingan berita. 

Namun demikian, wartawan juga perlu mendalami bahasa. Ini demi meningkatkan kualitas penulisan sehingga masyarakat yang membaca akan mudah memahaminya. 

"Oleh sebab itu, balai bahasa perlu kerjasama dengan wartawan supaya sejalan," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Kalteng, Haruddin mengatakan, penggunaan bahasa Indonesia sudah lumayan baik. Namun, masih perlu ditingkatkan. Salah satu caranya adalah dengan menggelar penyuluhan bahasa yang disampaikan oleh ahlinya. 

Haruddin berharap, kesadaran masyarakat untuk menggunakan bahasa Indonesia bisa meningkat. Kalaupun ada yang ingin bekerjasama dalam meningkatkan kemampuan bahasa yang baik dan benar, pihaknya siap menerima. (BUDI YULIANTO/B-5) 

Berita Terbaru