Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menu Ikan Asin Berkuah Teh Manis, Tak Nikmat Disantap Tanpa Nasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 08 Juli 2018 - 11:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Masyarakat Dayak senang dengan makanan sederhana dan dari alam. Ada salah satu campuran makanan yang mungkin agak aneh, namun jika dicoba maka akan diketahui kenikmatannya. Resep ini dinamai Pundang Teh Manis.

Memang aneh ada makanan dengan campuran teh manis, tapi ini nikmat. Pundang merupakan sebutan orang Dayak untuk ikan asin. Nah karena saat ini sedang musim ikan behau, sangat pantas jika Anda mencoba resep ini.

Sebab, memang pundang behau yang paling cocok dengan menu ini, walaupun boleh juga menggunakan pundang lain yang disukai.

Bahan dasarnya tentu saja pundang behau. Sekarang harganya sekitar Rp 80.000 per kilogram. Tapi beli satu ons pun sudah cukup untuk resep ini. Sangat murah.

Bahan kedua ialah teh manis yang memang harus manis. Untuk 250 ml air panas, gunakan setidaknya 3 sendok makan gula pasir. Memang harus semanis itu atau bahkan lebih. Manisnya teh ini untuk menyeimbangkan rasa asinnya pundang.

Selanjutnya adalah nasi putih. Tentu peran nasi putih sangatlah penting dalam menu ini dan tak terpisahkan. Menu ini tidak bisa dinikmati tanpa nasi. Sekarang masuk ke prosesnya.

Goreng pundang sebanyak yang Anda inginkan, sisihkan. Ambil nasi secukupnya ke dalam piring. Selanjutnya letakkan pundang di atas nasi lalu tuangkan teh manis ke atasnya seperti sup. Tuang cukup banyak sampai nasi tergenang.

Manisnya teh akan menyeimbangkan asinnya pundang dan nasi akan lebih menyeimbangkannya. Hanya seperti itu, tapi resep ini sudah terkenal di kalangan masyarakat Dayak, terutama untuk sarapan. Selamat mencoba. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru