Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surabaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Pasar Rakyat Siap Saingi Ritel Pasar Modern

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 10 Juli 2018 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pasar tradisional atau pasar rakyat merupakan salah satu fasilitas ekonomi di sebuah wilayah yang memiliki peran vital bagi masyarakat. Namun budaya tersebut mulai mendapat tantangan dengan hadirnya pasar modern dengan skala ritel nasional.

Namun, pedagang kaki lima bisa bernafas lega, pasalnya akan ada program pasar rakyat yang diinisiasati oleh Kementerian Perdagangan dengan menggandeng Sinar Mas Land sebagai pengelola Pasar Modern BSD City mengadakan pelatihan SOP Pengelolaan Pasar Rakyat seluruh Indonesia.

"Program pasar rakyat ini diolah agar pedagang kecil bisa bersaing dengan mini market, dengan adanya program tersebut tentunya akan berdampak postif kepada pasar tradisional khususnya pedagang kelas menengah bawah agar bisa bersaing dengan ritel berskala nasional," ucap Sustainability Development Sinar Mas Land, Ilham Wahyudi, Selasa (10/7/2018).

"Kita menargetkan 5000 prototipe pengelolaan diseluruh Indonesia dan termasuk Kalteng dan nantinya akan dikelola oleh Pemerintah Daerah setempat," lanjutnya.

Kementerian Perdagangan menjadikan pasar Tradisional Modern BSD City Tangerang sebagai proyek percontohan karena dinilai berhasil dan bisa mengubah citra pasar tradisional yang tadinya kumuh dan becek menjadi pasar tradisional modern yang bersih dan nyaman.

"Kita mempunyai tugas memenuhi target Presiden, yaitu membangun 5000 pasar rakyat, dan program ini harus kita dukung karena terbukti memberi dampak positif kepada terhadap pedagang yang tidak mempunyai banyak modal untul bisa bersaing dengan pedagang besar," ujar Dir Sarana Distribusi dan Logistik Kementrian Perdagangan, Sihar Hadjopan Pohan. (GAZALI/m)

Berita Terbaru