Bapemperda DPRD Kotim Segera Tuntaskan Raperda Jaminan Kesehatan

  • Oleh Naco
  • 12 Juli 2018 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Ketua Badan Pembuatan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Dadang H Syamsu, menegaskan bahwa pihaknya akan berupaya maksimal menuntaskan dengan cepat rancangan peraturan daerah (raperda) tentang penyelenggaran jaminan kesehatan untuk warga miskin.

Menurut Dadang, raperda itu hadir sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat Kotim. Karena dengan adanya perda itu masyarakat akan mudah mendapatkan akses layanan kesehatan di seluruh rumah sakit yang bermitra dengan BPJS Kesehatan.

"Kami dari DPRD Kotim sudah berkomitmen agar anggaran daerah itu salah satunya dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat," kata Dadang, Rabu (11/7/2018).

Diungkapkan Dadang, sebelumnya memang ada program pemerintah yang memberikan jaminan kesehatan. Hanya program itu terbatas karena tidak berlaku untuk seluruh rumah sakit selain RSUD dr Murjani, Sampit.

Dengan adanya program terbaru ini, menurut dia, selain mampu digunakan di rumah sakit lain juga tidak hanya diberikan kepada warga miskin tetapi seluruh masyarakat Kotim.

"Artinya semua elemen bisa mendapatkan pelayanan dari BPJS Kesehatan di setiap rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan," tukasnya.

Dadang menegaskan, jika melihat dari sisi kebutuhan anggaran tidak jauh berbeda dengan program sebelumnya. Untuk itu, raperda tentang penyelenggaran jaminan kesehatan untuk warga miskin dinilai tepat demi efektifitas dan efisiensi integrasi ke JKN.

Bahkan, Dadang optimistis soal anggaran tidak ada kendala untuk melaksanakan program itu secara berkelanjutan. (NACO/B-3)

Berita Terbaru