Orang Tua di Pelosok Diimbau Jangan Sering Ajak Anak Kerja

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 12 Juli 2018 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Muhammad Hasan, mengimbau orang tua di daerah terpencil jangan terlalu sering mengajak anak bekerja.

Sebab akan berakibat pada pendidikan sang anak. Kalaupun orang tua mengajak anak kerja hendkanya hanya dilakukan pada saat libur sekolah.

"Karena anak akan merasa iri bila ada temannya naik kelas atau sudah lulus (sedangkan dia belum). Kalau ada temannya sudah lulus dan anaknya ingin ikut lulus, saya sarankan anak tersebut mengikuti paket A," kata Muhammad Hasan, Rabu (11/7/2018).

Sebelum diberi ujian paket A, Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas akan memberikan arahan kepada peserta didik tersebut mengenai tata cara ujian. Sehingga pada saat dia mengikuti ujian paket A, sudah tahu hal yang harus dilakukan.

"Selain itu, bila anaknya ingin melanjutkan sekolah setelah sudah setahun lebih tidak bersekolah karena ikut kerja dengan orang tua, anak itu harus berada di kelas terakhir yang dia duduki. Misalnya kelas tiga, maka kelas tersebutlah yang harus dia lanjutkan dan tidak bisa langsung naik ke kelas empat," ucapnya.

Di sisi lain, ia mengimbau pihak sekolah supaya tidak langsung mengeluarkan anak yang tidak pernah hadir selama setahun penuh karena ikut kerja orang tuanya. Karena saat ini menggunakan sistem online sehingga kalau dikeluarkan dan dia ingin masuk ke sekolah kembali akan sulit.

"Kita juga akan berusaha membujuk orang tua perserta didik tersebut dengan memasukan dia ke Program Indonesia Pintar (PIP). Sehingga dengan melakukan koordinasi dan memasukan anaknya masuk dalam PIP diharapkan orang tuanya mau memberikan izin anaknya sekolah," ujar dia. (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru