Gubernur Ingin Petakan Kekayaan Kalteng Dengan Ini

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 12 Juli 2018 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran berkeinginan kuat memetakan kekayaan Kalteng ini, dengan pemetaan berbasis teknologi. Agar tidak hanya klaim asumsi bahwa kekayaan Kalteng itu melimpah, seperti sering dibilang beberapa pihak.

Untuk kepentingan ‘mengetahui isi dalam perut’ Kalteng ini, Sugianto ingin menyewa pesawat khusus yakni pesawat geospasial yang dapat memotret dari atas dengan presisi.

“Kalteng ini kaya, nah saya ingin tahu persis bagaimana isi kekayaan dalam bumi Kalteng ini, supaya ketahuan semua, nanti sewa pesawat geospasial yang bisa memotret dari atas sampai ke dalam, jadi akan tahu apa saja yang terkandung dalam bumi Kalteng ini,” ujar Sugianto berapi-api.

Dengan demikian, lanjut dia, secara pemerintahan akan memiliki basis data yang akurat dan tidak lagi ‘dicurangi’ oleh calon investor yang melirik Kalteng, karena umumnya mereka lebih canggih soal pemetaan dan mengantongi sebelum mengajukan suatu izin atau konsesi ke pemerintah. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru