Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Minta Dinas Perikanan Tidak Asyik di Perairan Darat Saja

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 12 Juli 2018 - 06:44 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran meminta Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalteng tidak asik ‘bermain’ di perairan darat saja, baik perairan tangkap maupun budidaya.

Sebaliknya, perhatian agar menyasar ke perairan laut. Seiring poros maritim yang selalu digencarkan Presiden Joko Widodo, maka potensi Kelautan Kalteng harus benar-benar digali.

“Jangan terlalu asik di perikanan tawar, perairan darat, tapi lupa potensi laut. Lihat, potensi cumi-cumi dan udang misalnya, diekspor ke Bangkok dan Tailand, padahal itu cumi kita dan udang kita tetapi yang ekspor bukan kita,” tegas Gubernur Sugianto, Kamis (12/7/2018).

Itulah kenapa perhatian harus beralih ke perairan laut dan pesisir. Apalagi, sambung Sugianto, panjang garis pantai yang dipunyai Kalteng mencapai radius 750 Km. Karena itu, kekayaan sumber daya alam perikanan harus dimaksimalkan.

“Kita punya 750 Km garis pantai, kaya raya SDA perikanan, ini agar dimaksimalkan. Lalu perhatian kita kepada petani dan nelayan, misalnya dulu ada budidaya rumput laut zaman gubernur pak Teras, itu bisa dillihat kembali usaha itu, bisa buat masyarakat buka peluang kerja baru,” tandas dia.  (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru