Warga Kasongan Dihebohkan Getaran Diduga Gempa

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 Juli 2018 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah warga Kasongan Kabupaten Katingan dihebohkan dengan adanya getaran yang diduga gempa, Kamis (12/7/2018) sekitar pukul 13.45 WIB.

Getaran itu terjadi di beberapa titik di Kasongan. Misalnya di Jalan Soekarno - Hatta, kemudian di komplek perumahan di wilayah Kereng Humbang hingga di perkantoran Pemkab Katingan.

Adanya getaran yang berlangsung hanya beberapa detik lamanya ini membuat sejumlah warga Kasongan berhamburan ke luar rumah.

Seperti di Komplek Perumahan Jalan Semangka Kasongan. Kemudian Jalan Langsat Komplek Wengga IV Kasongan. Kejadian getaran yang disinyalir gempa ini juga lamgsung ramai diperbinjangkan di media sosial facebook dan grup WA warga Kasongan.

"Iya saya tadi merasakan getaran selama sekitar lima detik, yang mirip suara guntur atau truk lewat yang menggetarkan seisi rumah," tutur Hari, warga Jalan Soekarno-Hatta Kasongan.

Kejadian getaran mirip gempa ini juga dituturkan Sano warga Jalan Langsat Komplek Perumahan Werngga IV Kasongan.

"Kawanan ada ngerasa gempa lah baru ja tadi," ucap Sano di percakapan WA grup Wengga IV Kasongan.

"Iya ada, ko bisa lah ada di Kalteng," sahit Ronald.

"Ada merasa jua, apa itu tadi 1-3 detikan tadi," kata Arya.

"Nah bujur gempa tu, kami keluar rumah semua tadi," imbuh Sano. 

Sementara itu menurut Eko, pegawai di Sekretariat Panwaslu Katingan juga merasakan getaran tersebut. "Iya tadi kami di kantor panwas juga ada merasakan getaran itu," tutur Eko.

Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan, Rumbun juga mengakui jika getaran yang mirip gempa itu juga terjadi di Kantor Bank Kalteng Cabang Kasongan.

Bahkan akibat getaran itu menyebabkan dinding di salah satu ruang kantor itu retak. Getaran ini juga menyebabkan sebagian karyawan bank tersebut ke luar ruangan. Dari informasi yang diperoleh, selain dinwilayah Kecamatan Katingan Hilir, getaran juga terjadi wilayah Kecamatan Pulau Malan. (ABDUL GOFUR/B-5) 

Berita Terbaru