Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lima Puluh Kota Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kakanwil Kemenkumham Kalteng Apresiasi Pelatihan Warga Binaan Permasyarakatan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 12 Juli 2018 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Tengah, Yoseph, mengapresiasi ide Kepala Rutan Kelas IIA Palangka Raya Akhmad Zaenal Fikri yang menggelar pelatihan untuk warga binaan pemasyarakatan. 

"Saya mengapresiasi kepada Karutan karena telah menjalankan salah satu visi-misi pemasyarakatan. Artinya, memberikan pembekalan terhadap warga binaan pemasyarakatan," ucap Yoseph, Kamis (12/7/2018). 

Pelatihan menjadi Warga Binaan Rutan Palangka Raya (Warna Rupa) kreatif mengusung tema Kreativitas Tanpa Batas di Tempat Terbatas itu akan berlangsung hingga 2 Oktober 2018. 

"Saya berharap, anak-anak Warna Rupa serius mengikuti pelatihan ini, sehingga nanti bisa memiliki satu keterampilan yang kreatif," harapnya. 

Menurutnya, salah satu penyebab warga binaan pemasyarakatan bisa terjerat hukum karena masalah ekonomi. "Pada umumnya kan gitu. Oleh sebab itu, ikuti pelatihan ini dengan serius," imbaunya.

Yoseph menambahkan, upaya untuk membina warga binaan pemasyarakatan tersebut diharapkan bisa dilakukan di Rutan dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kalteng. 

Sementara itu, Fikri mengatakan bentuk pelatihan tersebut terdiri atas pelatihan teknisi AC diikuti 21 warga binaan pemasyarakatan, pelatihan pertanian tanaman pekarangan 43 warga binaan pemasyarakatan, pelatihan ternak lele 28 warga binaan pemasyarakatan, dan pelatihan kerajinan hantaran pernikahan diikuti 48 warga binaan pemasyarakatan. 

Selain itu, ada juga pelatihan lain seperti kerajinan dari pita, kerajinan sabun, mengolah jahe menjadi serbuk minuman kesehatan, dan pelatihan tata rias kecantikan. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru