Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG Ingatkan Warga Tidak Panik terkait Gempa Kasongan

  • 12 Juli 2018 - 21:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Meteorologi Klimatologi dan Meski pun gempa yang terjadi di Kasongan, Kabupaten Katingan berkekuatan 4.2 Skala Richter, Kamis (11/7/2018) sekitar pukul 15.00 WIB. Terkait itu, warga diminta tidak panik dan tetap tenang.

Demikian disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit, Nur Setiawan berdasarkan data yang diterima dari Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan, Mudjianto.

"Gempa tektonik dengan kekuatan 4.2 Skala Richter di Kasongan itu tidak berpotensi tsunami," kata Nur Setiawan.

Gempa tersebut diakui beberapa warga hanya terjadi beberapa detik. Suasana Kasongan sempat heboh. Bahkan, sejumlah warga berhamburan melarikan diri ke luar rumah.

Gempa tektonik berkekuatan 4.2 Skala Richter itu terletak di koordinat 1.87 LS (Lintang Selatan) dan 113.43 BT (Bujur Timur), tepatnya 70 Km Barat Laut Kota Palangka Raya, pada kedalaman 5 km.

"Ini jenis gempa bumi dangkal aktivitas sesar lokal. Belum diketahui pasti apakah ada gempa susulan atau tidak. Namun jika terdeteksi, maka BMKG akan memberikan peringatan dini. Jadi saya imbau warga untuk tetap tenang," tuturnya. (ACHMAD SYIHABUDDIN/B-11)

Berita Terbaru