Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar Gelar Audiensi di Kemenkes dalam Upaya Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Limbah Medi

  • Oleh Wahyu Krida
  • 13 Juli 2018 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai upaya Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar), meningkatkan kualitas pwngwlolaan limbah medis, Bupati Kobar Nurhidayah menggelar audiensi tentang  program kesehatan prioritas dengan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI.

Dalam  kegiatan yang dilaksanakan Rabu (11/7/2018) di Jakarta tersebut, Bupati ditemani kepala Dinas Kesehatan Kobar Dwi Ratna beserta jajarannya. 

"Beberapa hal yang menjadi perhatian adalah terkait pengelolaan limbah medis. Karena untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, salah satu yang wajib mendapatkan perhatian khusus dan serius  adalah pengolahan limbah medis," jelas Bupati,Jumat (13/7/2018)

Bupati berjanji akan terus mendorong agar pengelolaan limbah medis di Kobar terus ditingkatkan sesuai standar yang telah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan.

"Berdasarkan informasi dari Kadinkes Kobar, dihatapkan nantinya Kabupaten Kobar akan memiliki fasilitas pengolahan limbah medis. Secara teknis ada beberapa hal yang harus disiapkan, di antaranya pengadaan autoclave/microwave untuk mendesinfeksi limbah infeksius dari fasilitas layanan kesehatan secara terpadu," jelas Bupati.

Selain itu, sarana lain yang perlu disiapkan adalah incinerator yang dilengkapi izin operasional untuk melakukann pengolah limbah B3 berizin  Kemudiann untuk pembakaran limbah medis secara terpadu. Fasilitas ini nantinya akan dikelola secara terpadu oleh Pemkab Kobar," jelas Bupati

Kemudian  nantinya juga diharapkan bisa disediakan lokasi dan pemberian izin lokasi TPS limbah medis sebagai tempat menyimpan limbah medis. 

"Sebelum dimusnahkan/dikirim untuk dimusnahkan, harus ada tempat penguburan limbah medis atau TPA sanitary landfill pada skala Kabupaten," jelasnya. (YUDHA/m)

Berita Terbaru