Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kebumen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Depan Bandara Kuala Pembuang Bisa Didarati Pesawat ATR-72

  • Oleh Tim Borneonews
  • 14 Juli 2018 - 07:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Bandara Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan pada 2019 tahun depan rencananya sudah bisa didarati pesawat jenis ATR-72.

"Pada 2019 ada program perpanjangan landasan pacu dari 1.200 meter menjadi 1.400 meter sehingga bandara bisa dilandasi ATR-72," kata Kepala Bandara Kuala Pembuang Harianto di Kuala Pembuang, Jumat (13/7/2018).

Perpanjangan runway atau landasan pacu menggunakan anggaran Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan sebesar Rp100 miliar.

"Sebenarnya perpanjangan landasan dilakukan tahun 2018 ini, namun karena masalah administrasi sehingga ditunda menjadi 2019," katanya.

Pemerintah Pusat memutuskan mengembangkan Bandara Kuala Pembuang setelah melihat letak strategis bandara yang sangat dekat dengan berbagai kota tujuan di Pulau Jawa seperti Semarang, Jawa Tengah atau Surabaya, Jawa Timur.

Selain itu, Bandara Kuala Pembuang juga merupakan satu-satunya bandara di Kalteng yang dapat terus beroperasi ketika bandara lain tertutup kabut asap sehingga Bandara Kuala Pembuang layak untuk dikembangkan.

"Kondisi Bandara Kuala Pembuang dengan panjang landasan pacu 1.200 meter membuatnya maksimal hanya bisa didarati pesawat sejenis ATR-42 berkapasitas 40-50 penumpang sehingga perlu dikembangkan," terangnya.

Saat ini penerbangan perintis dari Bandar Kuala Pembuang dilayani oleh maskapai penerbangan Susi Air dengan rute penerbangan pulang pergi Kuala Pembuang-Palangka Raya dan Kuala Pembuang-Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Jadwal penerbangan dua kali seminggu, yakni setiap Senin dan Jumat dengan dua kali keberangkatan dan dua kali kedatangan.

Menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir, pengguna jasa penerbangan yang berangkat melalui Bandara Kuala Pembuang telah mengalami peningkatan.

Berita Terbaru