Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luntuh Singkah Sambal Balasan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 Juli 2018 - 06:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Singkah adalah sebutan Orang Dayak untuk umbut rotan atau rotan muda. Singkah menjadi bahan masakan paling sering dimasak dengan berbagai campuran. Namun kali ini borneonews.co.id akan menyampaikan resep singkah paling klasik yang pasti bisa dicoba sendiri yakni luntuh singkah atau rebusan umbut rotan dengan sambal terasi (sambal balasan).

Bahan:

- Satu ikat singkah, potong-potong sepanjang dua ruas jari

- 2 siung bawang merah

- 2 siung bawang putih

- garam

- merica

- penyedap

Cara memasak:

Setelah dipotong-potong, rendam dulu singkah dalam air sekitar 10-15 menit. Hal ini dilakukan agar pahitnya berkurang dan tidak berubah warna menjadi coklat. Didihkan air lalu masukkan singkah.

Biarkan sampai singkah tidak keras lagi lalu masukkan bawang merah dan bawang putih, merica, garam serta penyedap. Biasanya banyak juga yang hanya sekadar merebus singkah untuk dimakan begitu saja sebagai lalapan.

Tapi dengan cara ini Anda tidak hanya bisa menikmati luntuh singkah tapi juga mendapatkan kuah. Untuk menyantapnya bersama nasi panas bisa dilengkapi dengan sambal balasan yang resepnya bisa Anda lihat pada link berikuthttps://www.borneonews.co.id/berita/91705-resep-sambal-limau-balasan. Selamat mencoba. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru