Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pundang Sasapat Idola Ibu-Ibu

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 Juli 2018 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ikan sepat atau dalam Bahasa Dayak disebut Sasapat hampir selalu jadi idola ibu-ibu suki Dayak. Ikan sepat merupakan ikan perairan Kalimantan yang sangat mudah ditemui.

Ikan ini berada di perairan dangkal mulai dari aliran kecil yang biasa ada di sekitar rumah warga hingga sungai-sungai kecil dengan aliran yang tidak deras.

Keberadaannya yang mudah ditemui ini membuat stok ikan ini melimpah di pasaran dan menjadi idola ibu-ibu karena harganya yang murah. Terlebih lagi saat ikan ini dikeringkan menjadi pundang (ikan asin) maka akan meningkatkan minat ibu-ibu untuk membelinya.

"Satu ons hanya Rp5.000," kata Iwi, salah seorang penjual ikan asin di Pasar PU Palangka Raya, Minggu (15/7/2018).

Karena ikan sasapat yang kering bisa disimpan lebih lama dibandingkan ikan segar maka tidak heran jika pundang sasapat sangat digandrungi, terlebih dengan harganya yang murah.

"Harganya murah dan rasanya enak. Kita kalau makan juga praktis, tinggal goreng sudah jadi lauk idola keluarga. Karena ikannya kecil kan waktu digoreng tulangnya pun bisa langsung dimakan seperti kerupuk," jelas Iwi lagi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru