Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jangan Ada Perpeloncoan dan Kekerasan Selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 16 Juli 2018 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang- Selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) diharapkan tidak ada aksi perpeloncan atau bully dan tindak kekerasan.

Demikian pesan yang disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur Perkadi, Senin (16/7/2018). 

Ia melanjutkan, MPLS haruslah diisi dengan kegiatan positif dan edukatif. Pasalnya, kegiatan MPLS bertujuan mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dalam mendukung proses pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

“Jangan ada embel-embel atribut tambahan yang sifatnya tidak mendidik. Selain itu, materi dalam MPLS harus berupa pengenalan lingkungan sekolah, wawasan wiyata mandala, serta tata tertib sekolah, dan lainnya,” tutur dia saat ditemui di ruang kerjanya.

Perkadi berharap, kegiatan MPLS berjalan sesuai dengan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016. Dalam aturan itu pemerintah lebih menitikberatkan MPLS pada pemahaman karakter dan wawasan kebangsaan, serta bersifat edukatif dan menyenangkan bagi peserta didik baru.

“Jadi tidak ada lagi itu namanya aksi bully antara senior dan junior yang berujung tindak kekerasan,” katanya.

Untuk itu, meminta semua kepala sekolah di Kabupaten Barito Timur melakukan pengawasan selama MPLS. Selain itu, Disdik bakal bertindak tegas bila ada temuan pelanggaran.

“OSIS atau siswa itu sifatnya hanya membantu. Bukan malah menunjukkan kesenioran dan melakukan hal yang mengada-ngada,” tutupnya. (PRASOJO EKO APRIANTO/B-3)

Berita Terbaru