Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyaknya Bencana Harus Jadi Pembelajaran Bagi Pemerintah

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 16 Juli 2018 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan, banyaknya bencana di Indonesia harus menjadi pembelajaran bagi pemerintah agar bisa lebih berhati-hati ke depannya.

"Bencana yang menimpa Indonesia, termasuk Kalteng, banyak memberikan pembelajaran kepada pemerintah agar lebih berhati-hati dalam menanggulangi bencana," ujar Gubernur melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Saidina Aliansyah pada pembukaan Diklat Dasar  Manajemen Bencana di Aula BPSDM Kalteng, Senin (16/7/2018).

Gubernur menilai, salah satu penyebab banyaknya bencana ialah kurangnya pengetahuan tentang cara menanggulanginya.

"Salah satu penyebab terjadinya bencana karena kurangnya pemeliharaan dan pengetahuan serta ketidaksiapsiagaan kita dalam upaya menanggulangi terjadinya bencana," tambahnya.

Dengan adanya pembelajaran tersebut, Sugianto mengimbau jajaran pemprov agar secepatnya membuat program penanggulangan bencana, khususnya saat memasuki musim kemarau.

Apalagi, Badan Meterologi Klimatolgi dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada tahun ini akan terjadi kemarau kering yang jika tidak diiringi penanggulangan kebakaran akan menyebabkan kabut asap tebal seperti pada 2015. (GAZALI/B-3)

Berita Terbaru