Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polisi Imbau Warga Tidak Buka Lahan dengan Cara Membakar

  • 17 Juli 2018 - 10:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kapolsek Baamang AKP Agoes Tri mewakili Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel mengimbau warga tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat, baik itu perorangan maupun kelompok agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Apabila ditemui, pelaku akan ditindak tegas sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku," ucap Agoes, Selasa (17/7/2018).

Kapolsek melanjutkan, Kalimantan memiliki tekstur tanah gambut. Pada musim hujan, gambut dapat menyimpan banyak air. Namun pada saat musim kemarau, lahan gambut mengalami kekeringan hingga kedalaman tertentu.

"Memang saat musim hujan dapat menyimpan air yang banyak. Namun saat musim kemarau, akan kekeringan. Tekstur tanahnya terdiri dari pembusukan tumbuhan yang tidak sempurna inilah yang membuat lahan cepat terbakar hingga kedalam," terangnya.

Demi mencegah kembali terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), jajaran Polres Kotim meningkatkan patroli dibeberapa lahan yang disinyalir mudah terbakar. Kegiatan itu merupakan rangkaian kegiatan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan dengan sengaja.

"Patroli ke lahan-lahan kosong terus kami tingkatkan. Sosialisasi juga terus kami lakukan kepada masyarakat agar mencegah terjadi kembalinya karhutla," tutur Kapolsek. (ACHMAD SYIHABUDDIN/B-5)

Berita Terbaru