Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengelolaan Sampah di TPA Palangka Raya Sudah Maksimal

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Juli 2018 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Bidang Kebersihan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Palangka Raya, M Alfath menyatakan, pihaknya telah secara maksimal mengelola sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Tjilik Riwut.

"Pengelolaan sampah yang dilakukan pihak Disperkim selama ini telah maksimal dilakukan di TPA. Itu dibuktikan dengan adanya metode untuk mengurai sampah secara baik," kata Alfath, Selasa (17/7/2018).

Menurutnya, volume sampah di Kota Palangka Raya per harinya mencapai sekitar 430,7 m3, atau jika dihitung per ton mencapai 64,61 ton per hari.

"Volume sampah sebesar itu diperkirakan akan memengaruhi kekuatan daya tampung TPA yang luasannya hanya 10 hektare. Nah, dengan tonasi sampah saban harinya, maka tidak kurang 10 tahun ke depan kapasitas TPA kita itu tidak akan mampu menampung banyaknya sampah," jelasnya.

Akan tetapi, menurut Alfath, ke depannya Pemerintah Kota Palangka Raya harus tetap memikirkan untuk jangka panjang, yakni perlunya lokasi TPA yang baru. (TESTI PRISCILLA/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru