Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Berencana Bangun Tempat Pembuangan Akhir Baru

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Juli 2018 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah kota (Pemko) Palangka Raya berencana mencari lahan baru untuk lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) yang baru.

Sebab, volume sampah di kota Palangka Raya mencapai sekitar 430,7 m3 per hari, atau jika dihitung per ton mencapai 64,61 ton per hari. Volume sampah sebesar itu diperkirakan akan memengaruhi kekuatan daya tampung TPA yang luasannya hanya 10 hektare.

"Kalau dihitung-hitung, TPA kita ini hanya bisa bertahan hingga 10 tahun ke depan. Makanya Pemerintah Kota Palangka Raya saat ini harus mulai memikirkan untuk jangka panjang TPA kita, yakni perlunya lokasi TPA yang baru," kata Kepala Bidang Kebersihan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Palangka Raya, M Alfath, Selasa (17/7/2018).

Menurut Alfath, memang tidak mudah untuk menentukan lokasi TPA yang baru karena rencana ini sudah dicetuskan jauh-jauh hari sebelum masa daya tampung TPA di kilometer 14 Tjilik Riwut itu menipis.

"Memilih lokasi yang baru ini kan juga tidak gampang. Harus melalui kajian serta penelitian yang matang dengan melihat berbagai aspek, seperti tata ruang, geohidrologi, geologi, sosial, dan kajian teknis lainnya," jelas Alfath.

Meski begitu, untuk awal, menurut Alfath, pihaknya sudah menentukan sudut mana dari Kota Palangka Raya yang memiliki potensi untuk lokasi baru TPA ini.

"Bila dilihat dari segi geologi dan geohidrologi, maka keberadaan TPA yang cocok untuk TPA baru tersebut paling tidak berada di selatan kota Palangka Raya. Seperti daerah Kalampangan Kecamatan Sebangau," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru