Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penampakan Kemeriahan Parade Defile Pembukaan Festival Babukung 2018

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 18 Juli 2018 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Festival Babukung Kabupaten Lamandau tahun 2018 resmi dibuka, Selasa (17/7/2018) sore. Pembukaan yang digelar di Stadion Hinang Golloa, Kota Nanga Bulik itu diisi oleh serangkaian kegiatan, termasuk parade defile. 

Secara umum, parade defile menampilkan ribuan orang dari 88 desa. Keindahan baru terlihat kala masing-masing kontingen dipanggil untuk melintas di depan panggung utama kemudian peserta (bukung) menampilkan kreasi seni tari menyesuaikan suara (rayah) alat musik yang ditabuh.

Dalam parade defile ini juga masing-masing bukung menampilkan beragam jenis luha (topeng), sehingga penonton dapat menyaksikan keindahan setiap luha hasil kreasi masing-masing kontingen.

Pada atraksi setiap peserta defile juga dibacakan sinopsis tentang luha yang dibawakan. Pemandu acara juga tak lupa membacakan slogan masing-masing kontingen yang notabene berisi tentang motivasi untuk berjuang menampilkan yang terbaik selama festival. 

Terpisah, Ketua Panitia Festival Babukung, Frans Evendi, mengatakan, parade defile ini menampilkan semua jenis luha yang akan dilombakan pada hari kedua penyelrnggaraan festival. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru