Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Batam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejak 2015 SLB Tamiang Layang Tidak Mendapat Guru Tambahan

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 18 Juli 2018 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sudah hampir empat tahun Sekolah Luar Biasa (SLB) Tamiang layang,  Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur tidak mendapatkan tambahan guru.

Kepala SLB Tamiang Layang Arminto Lestari menjelaskan, saat ini hanya ada delapan guru, terdiri dari tujuh orang guru PNS dan 1 guru honorer. Sedangkan jumlah siswa saat ini ada 35 orang.

"Dari tahun 2015 SLB Tamiang Layang tidak mendapatkan penambahan guru. Padahal untuk mengajarkan murid, sesuai dengan program pemerintah satu murid satu guru atau 1:1," ucap Arminto Lestari di ruang kerjanya, Rabu (18/7/2018).

Dengan komposisi saat ini, satu guru bisa mengajar sampai delapan siswa atau 1:8.

"Satu guru harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengajarkan murid. Satu guru menangani sampai delapan siswa sehingga tidak bisa secara intensif mengajarkan murid yang memang harus ditangani khusus," jelasnya.

Dirinya berharap kepada Pemerintah Provinsi Kalteng maupun pemerintah daerah agar melakukan penambahan guru PNS untuk memaksimalkan pengajaran. "Harapan besar dari kami agar pemerintah provinsi ataupun daerah merealisasikan penambahan guru PNS," timpalnya.

Arminto juga meminta pemerintah daerah memperhatikan kesejahteraan guru honorer, karena sekolah hanya bisa menggaji guru honorer sangat rendah, jauh dari sistem penggajian UMR.

"Dulu penggajian honorer bisa kami sisihkan 15 persen dari Dana BOS, namun saat ini kan tidak diperbolehkan lagi," pungkasnya. (PRASOJO EKO APRIANTO/B-2)

Berita Terbaru