Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Harus Diberdayakan untuk Mengatasi Karhutla

  • Oleh Naco
  • 18 Juli 2018 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, H Abdul Sahid menegaskan, untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan, selain melalui program pemerintah juga bisa melalui pemberdayaan masyarakat. 

"Pemerintah harusnya lebih intens membentuk regu pemadam dari unsur warga. Pemkab hanya menyiapkan fasilitas seperti mesin air atau alkon serta perangkat lainnya," kata Sahid, Rabu (18/7/2018).

Dia mengatakan, akan lebih efektif jika pemkab bisa menggandeng dan bekerjasama dengan regu atau relawan pemadam kebakaran yang dibentuk dari kalangan masyarakat.

Abdul Sahid yakin, warga juga tidak ingin karhutla terjadi. Dan bisa dipastikan mereka siap membantu pemerintah untuk memadamkan api.

"Yang penting, warga dibantu juga dari sisi peralatan dan perlengkapannya. Kalau sumber daya itu mudah saja. Warga suka karena mereka juga tidak ingin ada karhutla," tukas dia.

Saat ini banyak lahan kosong yang tak dikelola jadi sasaran kebakaran. Maka dari itu harus ada formulasi. Salah satunya dengan melibatkan pemilik lahan di sekitar lahan kosong itu.

"Kalau ada keterlibatan masyarakat sekitar jika terjadi kebakaran, mereka akan cepat dan tanggap," pungkasnya.(NACO/B-11)

Berita Terbaru