Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKN: Jumlah Keperluan CPNS di Bawah Total Pegawai Pensiun

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 19 Juli 2018 - 06:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya Jumlah aparatur pemerintah berstatus pegawai negeri sipil (PNS) yang pensiun hingga tahun ini, menurut data Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebanyak 220 ribu orang. Untuk memenuhi atau menutup kekurangan itu, negara bakal membuka seleksi CPNS.

Namun Kepala BKN, Bima Haria Wibisana memastikan yang dibuka untuk keperluan tes CPNS nantinya kurang dari jumlah pegawai yang pensiun tersebut.

“Yang pensiun 220 ribu. Yang dicari ya pasti dibawah itu, kita ingin pengurangan, karena sudah ada Teknologi Informasi. Yang awalnya kantor perlu 10 orang, dengan majunya komputer apakah masih diperlukan 10 orang, kan tidak,” kata Bima di Palangka Raya, Rabu (18/7/2018).

“Jadi formasi yang akan dikeluarkan di tahun ini di bawah jumlah yang pensiun. Dan untuk tenaga-tenaga yang berkualitas, bukan tenaga administrasi,” katanya.

Dia menegaskan, yang dibutuhkan di era digital yakni informasi yang memudahkan dan cepat, untuk kebutuhan pelayanan publik yang memadai. Karena sudah mengarah kesana, sehingga administrasi tidak lagi diperlukan seperti tahun tahun lalu. (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru