Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Landasan Pacu Bandara Sanggu Bakal Diperpanjang

  • Oleh Uriutu
  • 19 Juli 2018 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Landasan pacu atau runway Bandara Sanggu, Buntok Barito Selatan, bakal diperpanjang. Demikian diungkapkan Sekda Barsel, Edi Kristianto kepada Borneonews. Kamis (19/7/2018).

“Saat ini kita masih merencanakan untuk membebaskan lahan untuk memperpanjang runway Bandara Sanggu,” kata Edi Kristianto. 

Ia mengatakan, saat ini pihaknya sedang mempelajari serta memproses penetapan lokasi lahan yang akan dibebaskan untuk memperpanjang landasan pacu.     

Saat ini, lanjut dia, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) sedang melakukan pengukuran lahan. “Lahan yang akan dibebaskan secara bertahap itu rencananya sekitar kurang lebih 12 hektare,” ucap dia. 

Ia menjelaskan, untuk pembebasan lahan ini kewenangan provinsi, maka hal ini akan dilaporkan terlebih dahulu ke Gubernur Kalteng, apakah prosesnya ditangani kabupaten atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi. 

Jika prosesnya diserahkan ke kabupaten, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan BPN Barsel.     

Ia menambahkan, untuk landasan pacu tersebut rencananya akan diperpanjang menjadi 1.400 meter.

Saat ini, lanjut dia, panjang landasan pacu Bandara Sanggu Buntok kurang lebih 800 meter dan akan diperpanjang sekitar 600 meter lagi sehingga total panjangnya menjadi 1.400 meter. 

Saat ini pihaknya sudah mulai merencanakan penganggaran ganti rugi lahan. Proses ganti rugi lahan akan dilaksanakan secara bertahap dan ganti rugi lahan akan dimulai pada 2019 atau 2020 mendatang. 

“Kita hanya menganggarkan untuk ganti rugi lahannya saja dan untuk pembangunan fisik landasan pacunya dilaksanakan oleh pihak Kementerian Perhubungan Republik Indonesia,” jelas dia. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru