Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkalis Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Api di Dalam Tanah Gambut Sulitkan Pemadaman di Eka Bahurui 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 19 Juli 2018 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemadaman kebakaran lahan di Desa Eka Bahurui, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), terus dilakukan. Namun petugas sendiri mengalami kesulitan karena api sudah masuk ke dalam tanah, akibat lahan tersebut gambut. 

"Selain medan yang cukup jauh, lahan gambut juga memperlambat pemadaman. Karena api masih menyala hingga kedalaman 1 meter lebih," ujar Komandan BKSDA Pos Sampit Muriansyah, Kamis (19/7/2018). 

Pemadaman yang dilakukan pihaknyapun saat ini dengan cara penyuntikan ke dalam tanah. Hal itu dilakukan karena api memang berada di bawah, sedangkan di atas hanya asapnya saja. Hal itupun membuat pihaknya membutuhkan air sangat banyak. 

"Dari perhitungan kami, dalam satu petak lahan saja membutuhkan air 200 liter hingga 400 liter air untuk memadamkannya. Jadi inilah yang menjadi kendala bagi kami," kata Muriansyah. 

Hal itulah yang menjadi dilema bagi pihaknya, apalagi saat ini mereka mengalami kesulitan air, karena mata iar hanya ada dua lokasi dari sumur bor. Dan itupun jaraknya cukup jauh dari lokasi kebakaran yang semakin meluas, akibat sudah lima hari terakhir tidak juga padam. 

Walaupun mengalami kendala tersebut, namun pihaknya terus berupaya melakuakan pemadaman lahan. Agar api tidak lagi membesar dan kembali membakar lahan yang ada disekitarnya. (MUHAMMAD HAMIM/m) 

Berita Terbaru