Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penempatan Pejabat Jangan Hanya Dilandasi Faktor Kedekatan

  • Oleh Naco
  • 19 Juli 2018 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil ketua DPRD Kotawaringin Timir, Supriadi MT  mengingatkan kepada Bupati Kotim serta Ketua Badan Pertimbangan Kepangkatan dan Jabatan (Baperjakat) agar menempatkan pejabat sesuai dengan displin ilmu. Jangan sebaliknya, asal bapak senang dan faktor kedekatan semata.

Dia menegaskan, pemerintah jangan sampai salah memilih dan menempatkan pejabat. Sebab, kebanyakan budaya di birokrasi penempatan seseorang tidak secara professional. 

"Kebanyakan oknum  di pemerintahan memilih pejabat hanya berdasar dengan faktor kedekatan, tanpa melihat kemampuan pejabat yang bersangkutan," kata Supriadi, Kamis (19/7/2018).

Dia menekankan agar pejabat yang ditempatkan itu sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas serta disiplin ilmu yang dimiliki. Sehingga, pemerintahan bisa berjalan dengan maksimal dan baik.  

"Jangan hanya asal bapak senang saja, faktor kedekatan dan lain sebagainya. Pemerintahan akan berjalan dengan optimal, jika orang yang betul-betul memiliki kredibilitas dan dedikasi tinggi dipercayakan (mendapat jabatan)," tandasnya.

Baperjakat juga diminta memikirkan karir pegawainya,  jika memang layak dipromosikan jadi kepala SOPD maka harus diangkat. Daripada mengangkat pejabat yang tidak bisa bekerja untuk kepentingan daerah.

Sementara itu, informasi terhimpun, rotasi di kalangan pejabat akan dilakukan akhir bulan Juli ini.(NACO/B-11)

Berita Terbaru