Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

26 Kali Woter Bombing, Kebakaran Lahan di Selatan Kotim Belum Juga Padam

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Juli 2018 - 21:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah selatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) hingga saat ini masih terjadi.

Walau pihak Satgas Karhutla Kotim dan provinsi terus melakukan pemadaman. Bahkan sudah 26 kali woter bombing dilakukan pada Jumat (20/7/2018).

"Hari ini 26 kali woter bombing dilakukan menggunakan helikopter, yakni 17 kali pada pagi hari, dan 9 kali pada siang hari," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, M Yusup.

Pemadaman kebakaran lahan menggunakan helikopter sendiri sudah dilakukan dalam dua hari terakhir. Namun hingga saat ini api masih belum bisa dijinakkan.

Bahkan meluas hingga diperkirakan mencapai 100 hektar yang terbakar. "Untuk hari ini 104.000 M3 air digunakan untuk memadamkan kebakaran lahan dengan 26 kali keberangkatan," terangnya.

Pemadaman melalui jalur udara dilakukan karena lahan yang terbakar sangat sulit dijangkau melalui jalur darat.

Apalagi jalur yang tersedia hanya lima kilo meter saja bisa dilintasi menggunakan kendaraan. Sisanya harus jalan kaki beberapa kilo meter.

Belum lagi air di daerah tersebut juga sangat sulit didapatkan. Karena parit yang ada disekitar sudah mengakami kekeringan, sehingga pemadamanpun sangat sulit dilakukan. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru