Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Talinting E Toepak Kembali Menjadi Ketua DAD Kapuas

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 22 Juli 2018 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas – Talinting Erik Toepak terpilih kembali sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kapuas periode 2018-2023. Keputusan itu diambil berdasarkan hasil Musyawarah Daerah (MUSDA)  ke - I  DAD Kapuas.

L H Tinggam selaku ketua panita pelaksana dalam laporannya menyampaikan, peserta Musda adalah pengurus DAD Kabupaten Kapuas berjumlah 25 orang, DAD kecamatan 18 orang terdiri dari Ketua dan Sekretaris DAD Kecamatan.

Selain itu, peninjau Musda yaitu unsur pengurus DAD Provinsi Kalteng, Ormas Dayak Kapuas, BATAMADA Kapuas, Damang Mantir adat wilayah pasang surut.

Sementara itu, Pj Bupati Kapuas yang hadir dalam Musda mengapresiasi pelaksanaan MUSDA Ke-1 DAD Kapuas sebagai pelaksanaan atas amanah dari anggaran dasar dan anggaran rumah tangga DAD Kabupaten Kapuas.

Selain itu, dia mengatakan secara kelembagaan adat dayak dalam ruang lingkup administrasi pemerintah Kabupaten Kapuas telah lama tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat Dayak Kalimantan.

Dengan adanya DAD yang dibentuk secara terstruktur dan terselenggaranya MUSDA ke-I DAD Kapuas adalah wujud nyata atas pelaksanaan anggaran dasar maupun anggaran rumah tangga DAD Kapuas yang telah di jalankan.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga berharap agar DAD senantiasa menjaga hubungan harmonis bersama pemerintah dengan melakukan upaya-upaya nyata agar masyarakat semakin sejahtera, serta semakin kuat jalinan persaudaraan walaupun berbeda suku, agama, ras dan golongan.

Musda dirangkai dengan ritual adat dayak yaitu potong pantan oleh Pj Bupati Kapuas  Agus Pramono didampingi Ketua Harian DAD Provinsi Kalimantan Tengah Lukas Tingkes disaksikan oleh seluruh tamu undangan.

Setelah itu, rombongan disambut tari-tarian yang dibawakan oleh sanggar tari Tingang Menteng Pahunjung Tarung (TMPT), yakni Tari Sambang Garantung. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru