Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Dugaan Penyebab Buaya Muncul di Sungai Kahayan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 23 Juli 2018 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Petugas BKSDA Kalteng bersama aparat kepolisian dan dibantu masyarakat masih berada di kawasan Pelabuhan Rambang, Senin (23/7/2018). 

Kepala Seksi Konservasi Wilayah Satu BKSDA Kalteng, Junaidi Slamet Wibowo mengatakan, penyebab munculnya buaya muara sepanjang lebih dari 2 meter itu diduga karena musim kemarau. 

Perairan di atas sungai surut yang mengakibatkan makanan berkurang. "Kalau saya melihat ini dampak dari musim kemarau. Mungkin daerah di atas kering sehingga tidak ada makanan," kata Junaidi. 

Ia menuturkan, munculnya buaya di kawasan setempat merupakan yang pertama sejak dirinya bertugas di BKSDA Kalteng mulai 2017. 

Ia menduga, buaya tersebut masih di sekitar kawasan setempat. Pihaknya juga akan berupaya menangkap menggunakan metode manual berupa alat pengait atau pengikat. 

"Kita akan berupaya melakukan penangkapan. Buaya menurut saya ada dua jenis. Apabila dia liar, maka akan menghindar jika didekati manusia. Namun jika peliharaan, akan mendekat," tuturnya. (BUDI YULIANTO) 

Berita Terbaru