Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebakaran di Jalan Kaca Piring Sampit Makin Meluas, Polisi Terjunkan Water Cannon

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Juli 2018 - 21:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebakaran lahan di Jalan Kaca Piring, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) belum juga padam sejak lima hari terakhir. Bahkan saat ini kembali meluas dan berjarak hanya beberapa meter dari permukiman warga.

Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kotim bekerja keras dan terus melakukan pemadaman. Tidak hanya mobil dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan saja, namun Polres Kotim juga menurunkan Armor Water Canon (AWC).

"Kami terjunkan AWC karena kebakaran di lahan sudah sangat dekat dengan rumah warga," kata Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel, Senin (23/7/2018). 

Sementara itu, sejumlah personel terus berjibaku memadamkan api. Agar tidak merembet dan meluas.

Pemadaman dilakukan dengan cara menyuntikan air ke dalam tanah. Mengingat ketebalan lahan gambut yang mudah terbakar hingga bagian dalam.

"Sudah dari sekitar pukul 13.00 WIB tadi kami lakukan pemadaman, namun belum juga berhasil dipadamkan," kata salah satu petugas di lokasi kejadian. 

Sementara itu, Indra (27), warga sekitar mengatakan, sudah lima hari terakhir api belum juga padam. Walaupun sempat dua hari yang lalu agak padam, namun kali ini semakin besar dan menjalar. 

"Mungkin masih ada bara api di gambut yang padam makanya muncul lagi. Hari ini kembali besar," kata Indra. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru