Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sekadau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perhubungan Kotim Ingatkan Motoris Kelotok Waspada

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Juli 2018 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Arus Sungai Mentaya saat ini terbilang deras dan bergelombang. Terutama di wilayah Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Teluk Sampit, dan Pulau Hanaut. Terkait itu, Dinas Perhubungan (Dishub) meminta agar motoris transportasi kelotok waspada dan mengutamakan keselamatan.

"Gelombang di Sungai Mentaya terutama daerah selatan cukup besar. Angkutan kelotok ataupun feri penyebrangan di daerah tersebut harus berhati-hati, agar tidak terjadi laka air," kata Kepala Dinas Perhubungan Kotim, Fadlian Noor, Senin (23/7/2018).

Sejumlah angkutan sungai tersedia memang terdapat di wilayah selatan. Ada tiga rute penyebrangan, yakni Jaya Karet - Pulau Hanaut, Samuda - Pulau Hanaut, dan Sungai Ijum - Pulau Hanaut.

Di daerah tersebut saat ini terjadi gelombang cukup besar. Terutama pada saat siang hingga sore hari saat air pasang. 

"Hal itu harus jadi perhatian motoris. Kalau tidak memungkinkan lebih baik ditunda dulu keberangkatan, demi keselamatan," kata Fadlian.

Dirinya juga meminta kepada motoris memeriksa armada yang akan digunakan. Seperti mengantisipasi kebocoran. Serta menyiapkan peralatan keselamatan seperti pelampung dan lainnya.

"Motoris juga jangan sampai di bawah pengaruh miras ataupun obat terlarang saat mengemudi, karena sangat membahayakan," harap Fadlian. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru