Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Jenis Tanaman Dibudidayakan Warga Binaan Rutan Palangka Raya

  • Oleh Budi Yulianto
  • 25 Juli 2018 - 00:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sejumlah warga binaan pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya turut menyaksikan proses panen tanaman jenis jagung dan mentimun, Selasa (24/7/2018) sore. 

Secara simbolis, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalteng, Yoseph, mengawali panen tersebut. 

Kasubsi Bimbingan Kegiatan Rutan Palangka Raya, Erik Sitohang, mengatakan bahwa untuk saat ini ada beberapa jenis tanaman yang dibudidayakan warga binaan permasyarakatan. 

Di antaranya, jagung, terong, kangkung, sawi, cabai, mentimun, dan kacang panjang. Sedangkan lahan yang digunakan untuk bercocok tanam yakni seluas 1/4 hektare dengan dikerjakan enam warga binaan permasyarakatan.

Proses pembinaan tersebut juga berkat kerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalteng. "Jadi mereka sekali dalam dua minggu mengawasi pekerjaan kita," kata Erik.

Menurutnya, selama bercocok tanam, kendalanya hanya terletak pada musim. Jika hujan, warga binaan permasyarakatan sedikit kesulitan mengolah lahan karena pupuk yang digunakan bisa larut oleh air. 

Sedangkan saat kemarau, harus rajin-rajin melakukan penyiraman sebagai bentuk perawatan. 

"Kalau panen, hasilnya kita kelola untuk kembali membeli bibit. Warga binaan permasyarakatan juga mendapatkan premi. Premi diserahkan setelah bebas," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru